Pinjaman Untuk Usaha, Langkah Awal Memulai Bisnis

2:41:00 PM

Bertahun-tahun menjadi pegawai kantoran, sekarang Anda ingin beralih memiliki usaha sendiri? Memiliki usaha sendiri, tentu tak semudah menjadi pegawai kantoran. Banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya masalah keuangan. 

Bagaimana menjalani usaha tanpa modal awal? Bagaimana biaya operasional? Dan yang tak kalah penting, bagaimana menjalani hidup saat usaha belum meraih untung? Pinjaman untuk usaha merupakan salah satu solusi dari masalah keuangan bagi pebisnis pemula.

Pinjaman Untuk Usaha lya amalia

Sebelum membahas lebih jauh tentang pinjaman untuk usaha, mari kita telaah bersama. Seorang pengusaha harus memiliki mental kuat dan tahan banting. Ia juga harus selalu optimis dan bisa berpikir positif atas segala tindakannya yang berani mengambil keputusan. 

Terbiasa menjadi pegawai dengan gaji bulanan yang nyaman, maka sekarang  mantapkan pemikiran bahwa sekarang harus menjalani hidup bukan dari gaji bulanan. Pengusaha harus bisa berpikir mendapat kenaikan keuntungan dari bisnisnya sendiri. Termasuk risiko menerima lebih banyak kerugian daripada keuntungan.

Nah, sebelum mengajukan pinjaman untuk usaha, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:

Rancang dana yang dibutuhkan. Misalnya dana sewa tempat, dana operasional awal, dan lain sebagainya. Semakin detail rancangan keuangan yang dibuat, semakin membantu Anda mengkalkulasi berapa dana yang bisa Anda siapkan sendiri dan berapa dana yang perlu dipinjam dari bank.

Tetapkan jumlah pinjaman, serta masa tenor maupun besar angsuran yang tidak memberatkan keuangan Anda.

Lakukan survei bank pemberi pinjaman modal usaha, terkait dengan jenis pinjaman, persyaratan, prosedur pinjaman modal usaha, jenis agunan atau tanpa agunan, dan konsekuensi dari pinjaman.

Bagaimana, sudah siap memulai bisnis Anda?






Source: https://uangteman.com/blog/tips-trik/cari-modal-usaha/

You Might Also Like

8 Comments

  1. inshaa allah ku akan memulai bisnis bareng suami, dan tulisanmu ini ngebantu banget buat step awal dalam hal modal. thank you sharingnya

    ReplyDelete
  2. Menantang banget emang ya mbak, menghitung kebutuhan dana awal dan mempersiapkan dana modalnya. Tapi semangaaat! Harus tetap optimis :)

    ReplyDelete
  3. Thank you sharingnya kak, pencerahan nih buat aku yang lagi ancang2 mau bisnis juga hehehee

    ReplyDelete
  4. Tulisannya singkat tapi padat, mbak.
    Emang untuk memulai bisnis harus ada perhitungan yang matang biar gak rugi nantinya.

    ReplyDelete
  5. Perencanaan itu memang penting banget untuk semua hal kehidupan ya.. termasuk dalam perencanaan keuangan dalam memulai sebuah bisnis, agar tentunya bisa dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa
    yang sudah direncanakan

    ReplyDelete
  6. bener harus ditetapkan jumlah pinjaman dulu jangan sampe nanti besar pasak dari tiang ehhe

    ReplyDelete
  7. Hmm... sejujurnya aku bingung sama artikelnya sih. Ini menyadur atau gimana ya karena kurang greget aku penasaran pengen tau lebih lanjut T_T

    ReplyDelete
  8. wahhh sekarang pada rame tuh mbak, jadi pengusaha. Bagus kalo dari sekarang sudah matang, hehehehe, salam kenal dari #DuniaFaisol ya mbak

    ReplyDelete

Community