APLIKASI HALODOC, SOLUSI PSIKIS ANAK SEJAK DINI

       

Tahukah, moms ?
Bahwa tumbuh kembang anak sangat di pengaruhi oleh keadaan psikis anak yang berasal dari lingkungan sekitar ?
Pernahkah moms melihat beberapa orang tua menelantarkan anaknya begitu saja saat sedang ngambek, nangis sejadi – jadinya atau melakukan hal yang “kurang pantas” saat dimuka umum ?
Biasanya disebabkan oleh orang tua itu sendiri. Anak – anak yang melakukan hal seperti itu, seringnya tidak ada teguran dari orang tuanya. Mereka menganggap bahwa apa yang dilakukannya “sudah benar” dan dianggap wajar oleh orang tuanya. Itu sebabnya yang menjadikan anak – anak malah akan melakukan perlawanan saat ada orang lain yang menegurnya.

Kerumitan mengasuh anak, sebenarnya tidak terjadi pada satu orang tua saja, namun semua orang tua mengalaminya. Sayangnya, beberapa orang tua tidak mengajarkan hal yang seharusnya kepada anaknya, sehingga dalam hal mendidik tidak pernah selalu tepat sasaran sesuai yang diharapkan.
Banyak sekali moms yang mengeluh tentang perilaku anaknya dalam keseharian. Namun, ada juga yang mengaku bahwa mereka bisa bekerja sama dengan anak hanya dengan satu kali teguran. Ini sangat wajar. Mengingat jam terbang orang tua dalam mengasuh anak polanya juga berbeda. Tergantung bagaimana orang tua mengajarkan anak mereka dengan cara pendekatan “heart to heart” atau beberapa orang tua ada yang memilih “yang penting anaknya nurut”.
Di kesempatan pada saat memperingati hari anak nasional, beberapa moms menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara talkshow yang diadakan oleh Halodoc. Temanya sangat inspiratif dan menekankan untuk mendidik anak lebih dekat dari “heart to heart”. Temanya yaitu “Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini”.
Penting tidak sih, menjaga psikis anak sebenarnya ?


Dr Tjin Wiguna Sp.KJ, seorang psikiater spesialis anak dan remaja di RSCM, yang menjadi narasumber di acara ini menyampaikan bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam perkembangan karakter dan moral anak. Anak biasanya mencari panutan dalam membentuk bahasa, perilaku, dan sikap mereka. Penting untuk memahami posisi orang tua sebagai panutan utama anak. Karena dengan pemahaman yang benar maka para orangtua akan senantiasa berperilaku yang baik, apa yang mereka lakukan sedikit banyak akan di contoh oleh anaknya.
Mendidik anak dalam keseharian memang harus dengan pola yang saling berkesinambungan, seperti dalam hal mengasuh, memberikan kasih sayang dan mengasah perkembangan anak. Dr. Tjhin sendiri juga mengingatkan bahwa dalam pola hal diatas diperlukannya 3A yaitu : pola ASUH, ASIH dan ASAH. Pola tersebut mampu membantu tumbuh kembang psikis anak seperti :
   a.    Pola Asuh
Diharapkan, orang tua harus bisa memberikan asuhan yang baik terhadap anak mereka. Seperti memberikan pendidikan yang baik, memberikan penjelasan baik buruknya lingkungan sekitar bahkan asuh dalam hal kebutuhan pokok sehari – hari.
b.    Pola Asih
Diharapkan, orang tua mampu memberikan niat yang tulus dalam menyampaikan rasa kasih sayangnya, memberikan kenyaman dan keharmonisan di dalam keluarga kecil mereka, agar anak mendapatkan pengasihan yang baik dan mampu diterapkan di dalam kehidupan di lingkungan sekitarnya.
c.    Pola Asah
Diharapkan, orang tua mampu memberikan tunjangan sampingan yang mampu mendampingi dalam hal tumbuh kembang anak seperti pendidikan yang beredukasi dan menjadikan anak akan semakin berpikir kritis logis dan kreatif.
“Umumnya orang tua mendidik anak sesuai dengan norma dan budaya yang ada di masyarakat saat ini, tapi belum tentu itu hal yang dibenarkan secara medis, Apalagi sekarang zamannya sudah mulai berubah, anak sudah sangat aware dengan teknologi, jadi sebagai orang tua perlua arahan untuk mendidik anak sesuai dengan perkembangan zaman”, ujar Nana Nirmala, Office Marketing Manager Halodoc
Berdasarkan survey dari 1176 orang menemukan bahwa dua pertiga dari orang dewasa percaya bahwa nilai moral dari anak telah menurun cukup banyak sejak saat mereka masih muda.
Di zaman yang serba modern ini, seringkali orang tua merasakan kekawatiran yang begitu besar kepada tumbuh kembang anak mereka. Maka, Dr. Tjhin memberikan beberapa tips untuk menjaga keadaan psikis anak, diantaranya seperti :
1. Bantu anak untuk menemukan panutan dibidang yang dia sukai, seperti mengenalkan anak kepada orang yang memiliki keahlian di bidang yang disukai.
2. Bicara dengan anak tentang orang-orang yang telah bekerja untuk membuat perubahan positif dalam kehidupan atau di sekitar kondisi lingkungan mereka.
3. Orang Tua berusaha melingkupi rumah tangga dengan suasana keagamaan yang erat agar menjadi tiang dasar keimanan seorang anak sejak dini.
4. Memberikan pujian kepada anak apabila memiliki kelebihan atau hasil yang memuaskan apabila mereka mencapai suatu prestasi maupun kebaikan.
5. Memberikan sikap dan contoh yang baik kepada anak, karena anak akan mencontoh apa yang di lihat mereka dari kedua orang tua.
6. Orang tua diharapkan memiliki perasaan yang baik kepada diri sendiri dan anak mereka ataupun orang lain agar lebih peka terhadap lingkungan sekitar.
7. Diharapkan para Orang tua mampu mengolah emosi diri sendiri, agar anak mendapatkan motivasi yang positif.
8. Orang tua harus mampu memberikan semangat yang positif kepada anak
9. Sangat diwajibkan sekali jika para orang tua harus mampu memberikan contoh berempati kepada orang lain seperti berterima kasih, meminta maaf, memberi salam, menolong dan bertanggung jawab.
10. Sebaiknya orang tua mencontohkan hal empati sosial seperti menjenguk orang sakit, memberikan makna yang di derita oleh orang lain supaya berwelas asih.
11. Orang tua harus memiliki orientasi pada tujuan dan perencanaan yang baik, agar anak bisa tergambarkan dengan jelas kemana arahan orang tua yang baik untuk masa depannya.


 

Acara yang diselenggarakan oleh Halodoc ini sendiri juga turut memperkenalkan aplikasi Halodoc. Halodoc sendiri merupakan aplikasi kesehatan terpadu berbasis online yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya dalam memenuhi kebutuhan kesehatan bagi pengguna.
Aplikasi Halodoc dilengkapi dengan tiga fitur utama, yakni : 
1.    Contact Doctor 
Merupakan fitur layanan yang menfasilitasi para pengguna untuk berinteraksi secara langsung dengan ribuan Dokter melalui voice call, video call atau chat. Aplikasi Halodoc memiliki tim medis mulai dari dokter umum, spesialis anak, internis, hingga spesialis mata, yang online 24 jam.
2.    Pharmacy Delivery
Merupakan fitur layanan yang dapat membantu para pengguna dalam membeli suplemen, vitamin dan obat dengan resep Dokter secara cepat, aman dan nyaman. Fitur layanan apotik ini bisa mengantar pesanan 24 jam dan menariknya lagi, bebas biaya pengantaran. 
3.    Lab Service
Merupakan fitur dimana Halodoc bekerjasama dengan laboratorium Prodia dalam memberi kemudahan bagi pengguna. Fitur ini memungkinkan phlebotomist (petugas lab) untuk datang ke rumah maupun di kantor, dan melakukan pengecekan kesehatan seperti cek darah, ataupun cek urine. Saat ini fitur Labs dapat dimanfaatkan oleh pengguna di sekitar Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.
Aplikasi Halodoc dan fitur layanan yang sangat lengkap dan mudah, sangat membantu peran moms untuk keperluan kesehatan keluarga. Apalagi, beberapa moms yang memang sering merasakan kepanikan saat anak semata wayangnya mengalami sakit dan tidak punya waktu untuk pergi keluar dari rumah karena kendala transportasi. Dengan aplikasi Halodoc ini sendiri, mampu menjawab semua keresahan moms.
Kemudahan layanan yang diberikan oleh aplikasi Halodoc bisa di akses secara online selama 24 jam nonstop. Kita sebagai pemakaipun di untungkan karena tidak perlu memikirkan waktu untuk membuat janji temu dengan Dokter terlebih dahulu untuk melakukan konsultasi dan pastinya, tidak membuang kocek yang dalam hanya untuk bertrasnportasi menuju lokasi praktek dokter.
Saya sendiri karena saking penasarannya dengan aplikasi Halodoc yang booming ini, akhirnya turut serta mencoba. Ternyata memang sangat dimudahkan untuk berkonsultasi gratis tanpa perlu melakukan appointment dokter terlebih dahulu. untuk pembelian obat, menurut saya juga sangatlah terjangkau harganya. Apalagi saya tidak perlu repot – repot harus keluar dari rumah. Tinggal klik, obat – obatan sampai dirumah. Semudah itu.
Tak lupa juga, bagi para moms yang hobby berselancar di sosial media, bisa cek hastagnya #HalodocHariAnak #PakeHalodoc #HalodocxMBC
Pesan saya buat semua moms “Jagalah kesehatan keluarga kita sendiri. Karena kesehatan keluarga bermula dari kesehatan moms itu sendiri”

Untuk info lebih lanjut, bisa kunjungi di akun sosial media Halodoc :
Website Halodoc           : www.halodoc.com
Instagram Halodoc       : @halodoc
Twitter Halodoc            : @halpdocID
Facebook Halodoc        : @halodocID





35 Comments

  1. Psikis anak memang hrs dijaga baik2 sama para orang tua, trims tips2nya

    ReplyDelete
  2. Wah sangat membantu pada saat malam-malam perlu obat. Apalagi bisa diantar.

    ReplyDelete
  3. Masih banyak org tua yg melahirkan anak lalu pola pengasuhannya dilempar ke neneknya atau pengasuh anak. Ga heran anak jd manja atau justru psikisnya tertekan krn diomelin mulu. Nah giliran anak cari perhatian malah dibentak atau disiksa krn ortunya ga peka thd tumbuh kembang anak. Speechless ya. Smoga banyak yg baca tulisan ini deh para ortu di luar sana ya

    ReplyDelete
  4. Wah pasti sangat membantu sekali app Halodoc ini. Bisa berinteraksi gratis dengan dokter termasuk pakai video call, ya. Nggak perlu repot keluar rumah untuk beli obat juga.

    ReplyDelete
  5. Senang deh ada aplikasi ini, bisa interaksi sama dokternya

    ReplyDelete
  6. Wah penting banget ngajarin empati dengan kata2 seperti terimakasih dll. Masih terus berusaha niiih untuk selalu jaga psikis anak. Termasuk dalam hal memuji

    ReplyDelete
  7. ah iya aku pernah lihat aplikasi ini dan memang solusi kesehatan yang lengkap ya buat kita-kita...

    ReplyDelete
  8. Tiga pola asuh asih dan asah ini ya yang harus selalu kita berikan kepada anak dan juga harus sinabung juga. Asiknya ada aplikasi yang bagus seperti ini ya mba. Praktis juga untuk membantu atasi psikis anak

    ReplyDelete
  9. aku pengguna aplikasi HaloDoc lho, biasanya aku gunain fitur yang Pharmacy sama pernah nyoba yang konsultasi dengan dokter. Trus pengen nyobain fitur lab service nya.

    ReplyDelete
  10. Wah, mau ikutan download ah. Penfing banget nih buat orangtua agar gak salah asuhan terhadap anak.

    ReplyDelete
  11. Semakin maju y skrang dn tmbh mudah dg haladoc info kesehatan bs didptkn udah gitu ada konsul dokternya lg

    ReplyDelete
  12. Wah... Wajib coba nih aplikasinya bermanfaat sekali. Apalagi untuk emak-emak yang suka panik saat anaknya demam

    ReplyDelete
  13. Betul, jangan sampe melupakan kebutuhan psikis anak ya mba, fiaik dan psikis harus seimbang. Dunia pengasuhan anak memang dramanya harus dinikmati dengan rasa syukur ya mba.

    ReplyDelete
  14. Kalau ada aplikasi begini enak banget ya mba... all info at your finger tips

    ReplyDelete
  15. Iyes Mbak Lya, orang tua adalah panutan pertama dan penting bagi anak maka kita harus memberikan contoh yang baik.

    ReplyDelete
  16. Hallo dok aplikasi yg bermanfaat

    ReplyDelete
  17. “Diharapkan orang tia dapat mengelola emosi diri sendiri”, hehehehe ini sebenarnya kunci ya. Tapi kok ya susah ya... apalagi dalam kondisi lelah.

    ReplyDelete
  18. penting banget menjaga psikis anak-anak tapi yang paling penting juga memjaga psikis orangtua...
    aku pengen install lgsg deh ini halodoc

    ReplyDelete
  19. Aplikasi andalan banget ini Halodoc, selain bisa membeli obat, vitamin dan lainnya. di Halodoc kita juga bisa berkonsultasi dengan dokternya ya mbak.

    ReplyDelete
  20. aplikasi kesehatan yang online gini perlu deh.. karena yang namanya sakit bisa aja datang dengan tiba-tiba.. kalo punya aplikasinya tinggal cek deh

    ReplyDelete
  21. Terima kasih atas informasinya Mbak aplikasi kesehatan sangat berguna bagi ibu rumah tangga yang ingin banyak ilmu apalagi ketika anak lagi sakit terima kasih ya

    ReplyDelete
  22. Keren banget nih ada aplikasi ini yang sangat memudahkan para ibu mencari informasi untuk anak nya

    ReplyDelete
  23. Aplikasi halodoc ternyata lengkap juga ya baru tau, thanks infonya.

    ReplyDelete
  24. Asuh, asih, asah ya mbak dalam mendidik anak. Aplikasi halodocnya keren bisa minta petugas kesehatan datang untuk cek kesehatan kita gitu ya

    ReplyDelete
  25. Aplikasi ini sangat membantu sekali ya buat orangtua sperti kita ini. Lengkap pula ya.

    ReplyDelete
  26. Dunia semakin mudah nih dengan hadirnya halodoc. Semoga banyak yg menggunakan aplikasi ini

    ReplyDelete
  27. Aku beberapa kali akses Halodoc ini. Kontennya informatif dan lebih terpercaya daripada sembarangan Googling.

    ReplyDelete
  28. aq sudah tahu lama aplikasi halodoc dan setelah baca ini jadi makin tertarik untuk menggunakan juga deh, malah menurut aq rekomen deh untuk semua ibu-ibu agar kesehatan keluarga selalu terjaga
    tfs mbak

    ReplyDelete
  29. Aku punya aplikasinya! Dan keluargaku juga pake, enak mau nanya-nanya sama dokter jadi cepet

    ReplyDelete
  30. aplikasinya bagus sih, tapi kalau mau beli obat tetep harus ke dokter. Mau ga mau diaknosa dokter secara langsung lebih baik.

    ReplyDelete
  31. sekarang kalau habis dari klinik di rs ga perlu nunggu obat selesai, tinggal bayar di kasir dan minta halodoc untuk antar, hemat waktu!

    ReplyDelete
  32. Aplikasinya bagus nih.Membantu banget ya.

    ReplyDelete
  33. sayang aplikasinya baru sebatas parenting ya? Eh aoa masalah orang dewasa termasuk masalah psikologis juga bisa 'ditangani'ya melalui halodoc ini?

    ReplyDelete
  34. Penting banget menjaga psikis anak. Bahkan dari awal brojol saja, seorang bayi sudah merasakan. Anak keduaku pernah bermasalah dengan adaptasi sekolah. Pas TK, SD, dan SMP. Untung SMA tidak. Setelah aku telesuri waktu lahir ia tidak langsung bersama aku. Ia harus dalam inkubator beberapa hari karena satu hal.

    ReplyDelete
  35. Aku beberapa kali chat dengan dokternya langsung dari aplikasi halodoc ini dan sangat membantu

    ReplyDelete